Selasa, 10 Januari 2012

うち uchi dan そと soto

尊敬語Sonkeigo ‘bahasa menghormat’ dan 謙譲語Kenjougo ‘bahasa merendah’ dalam bahasa Jepang digunakan dengan memperhatikan hubungan うち uchi dan そとsoto. Uchi adalah kelompok orang yang ada dilingkungan sendiri, seperti orang-orang di lingkungan keluarga, kantor pembicara, sekolah, klub sekolah atau kelompok masyarakat. Soto adalah kelompok orang yang diluar lingkungan keluarga, kantor pembicara, sekolah, klub sekolah atau kelompok masyarakat.

Pengelompokan uchi dan soto dikonseptualisasikan sebagai rangkaian lingkaran yang tumpang tindih. Posisi seseorang dalam kelompok relatif terhadap kelompok lain tergantung pada konteks situasi dan umur. Sebagai contoh, seseorang biasanya memiliki keluarga, pekerjaan, dan kelompok lain atau organisasi yang mereka miliki. Posisi mereka dalam berbagai kelompok dan dalam hubungan dengan kelompok lain, berubah sesuai dengan keadaan pada saat tertentu. Misalnya: seorang pegawai kantor yang menduduki jabatan manager personalia. Orang-orang yang ada dibagian personalia adalah kelompok uchi-nya sedangkan direktur perusahaan, pegawai dan bagian lain adalah kelompok soto-nya. Akan tetapi dia dalam berbicara dengan pelanggan/karyawan dari perusahaan lain, keseluruhan dari perusahaan tempat dia bekerja menjadi kelompok uchi-nya. Sedangkan orang-orang diluar perusahaannya adalah soto.

Pada waktu pembicara berbicara tentang uchi no hito (orang dalam) kepada soto no hito (orang luar), maka harus memperlakukan uchi no hito sama seperti diri sendiri. Bahasa yang digunakan untuk menunjukkan aksi dan gerak-gerik uchi no hito harus sama dengan yang kita pakai untuk diri sendiri. Oleh karena itu, meskipun kedudukan uchi no hito lebih tinggi, pembicara tidak menggunakan bahasa sopan (keigo) untuk menghormatinya.
Ketika membicarakan masalah uchi dan soto yang terpenting adalah konteks yang dibicarakan. Misalnya, atasan kita dikantor dapat menjadi soto no hito ketika kita membicarakannya dengan keluarga dirumah. Namun, ia juga bisa menjadi uchi no hito ketika kita membicarakannya dengan klien/partner kerja dari perusahaan/kantor lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar